Mr Bas

Ide Usaha Baru

TipsCepatKaya

___________________________________________________________

Sebenarnya untuk memiliki usaha tidaklah sesulit yang dipikirkan kebanyakan orang,… bahkan setiap berjalan ke perkampungan, ke mall, ke pasar, ke aloon aloon, saya sering menemukan ide usaha, persoalannya hanya pada cara berpikir setiap orang, yang menyebabkan menjadi sulit menemukan usaha, kebanyakan dari kita berpikir : usaha apa ya yang belum ada disini?, ..ah usaha ini sudah banyak,,,atau kita berpikir terlalu tertutup dengan kemungkinan kemungkinan (apriori dengan gagasan yang kelihatan sederhana).inilah yang menghambat kita memulai usaha.

Ketika kita berjalan di pasar, coba kita lihat, orang jual apa yang kelihatan sangat laris, oke.. misalnya orang jual tempe kelihatan sangat laris, kita tinggal pilih jadi pemasok tempe, atau kita ikut jualan tempe dengan yang paling laris itu, kita lihat kekurangan penjual yang ada itu (mungkin pelayanan, harga, atau potongan potongannya..penting beda sedikit atau menambah nilai sedikit)… bisa deh… kalo nanti  ada persoalan yg akan muncul..ya dicari solusinya…bukan mundur teratur…

berikut ada beberapa usaha di sekitar saya…lebih jauh anda bisa cari ide dengan buka buka halaman yelloy pages (keluaran telkom), atau sesekali meluangkan waktu keluar kota jalan jalan cari ide, bisa juga anda buka halaman waralaba, ikutin yang menarik menurut anda….selamat mencoba!

Usaha Peternakan (penggemukan) Kambing

Berikut adalah hasil kunjungan saya di peternakan kambing di desa plethes Kecamatan Sukorejo Ponorogo.

Walaupun budidaya kambing sudah lama dilakukan kebanyakan masyarakat desa yang paa umumnya sebagai usaha sampingan, tetapi Sistem yang dilakukan Pak slamet (pemilik peternakan) menurut saya relatif baru dan memberikan profit jauh lebih besar dibanding cara cara umum masyarakat kebanyakan.

Perbedaan Peternakan kambing tradisional dan sistem modern

Tradisional :
1. Hanya sebagai usaha sampingan karena pakan ternak mengandalkan daun – daun hijau /rumput disekitar rumah.
2. Jumlah kambing yang bisa dipelihara maksimal 5 ekor per orang.
3. Bersifat peranakan /perkembangbiakan
4. jangka waktu pemeliharaan per ekor relatif lama + 12 bulan
5. Keuntungan relatif kecil 40% – 50 % per tahun

Modern
1. Bisa sebagai usaha pokok karena pakan ternak merupakan formula yang di fermentasi.
2. Jumlah kambing yang bisa dipelihara bisa mencapai 50 ekor per pekerja.
3. Bersifat penggemukan
4. jangka waktu pemeliharaan per ekor relatif pendek + 3 bulan
5. keuntungan relatif besar mencapai 90 % – 120 % per tahun

Teknik pemeliharaan.

1.Kandang

Kandang kambing pak slamet terbuat dari 80% bambu dan 10 % kayu glugu (batang poho kelapa), dibuat menyerupai kandang ayam petelur ( sistem panggung) dengan ketinggian panggung kira kira 1 m, ini dimaksudkan agar kotoran kambing mengumpul dibawah sehingga mudah membersihkannya.

kandang dibuat bersekat sekat kira kira tiap sekat berukuran 1m x 1,5 m yang diisi 2 kambing per sekat. kambing Tidak beradu/bertengkar?, ini pertanyaan saya ketika itu, jawabnya , “aku menyukai tipe kambing domba ini, karena ya itu tidak mudak bertengkar, rukun rukun wae”

…bersamnbung

> Bisnis Bunga Melati, Meraup Untung Bersih Rp 2 Juta per hari

bunga_melati_2Setelah dipetik, bunga melati akan cepat layu dan tidak segar lagi. Namun Santoso dan Hidayat mempunyai trik tersendiri untuk mengatasi persoalan tersebut, sehingga bisa memasarkannya sampai ke mancanegara.

Melati atau istilah lainnya jasminum sambac termasuk tanaman hias yang mampu hidup bertahun-tahun. Batangnya yang tegak serta memiliki bunga berwarna putih mungil dan harum, sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bunga melati bermanfaat sebagai bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh.

Melati pun dapat berbunga sepanjang tahun serta tumbuh subur pada tanah yang gembur dengan ketinggian sekitar 600 atau 800 meter diatas permukaan laut, asalkan mendapatkan cukup sinar matahari. Melati dapat dikembangbiakkan dengan cara stek. Tunas-tunas baru pun akan tampak setelah berusia sekitar 6 minggu.
Kondisi inilah yang melatarbelakangi Santoso untuk membudidayakan bunga Melati hingga menjadi bisnis yang menjanjikan. Bermula dari usaha turun temurun kedua orang tuanya mengolah perkebunan melati di pesisir pantai utara tersebut, memicu Santoso dan mitranya Hidayat-rekan untuk menjadikan perkebunan tersebut sebagai lahan bisnis.

“Tak banyak yang melirik budidaya bunga melati. Kesulitan dalam pemasarannya pun turut menjadi kendala utama. Seperti diketahui, bunga melati ketika sudah dipetik akan cepat layu bahkan busuk. Bagaimana jika tidak laku terjual?,” ucap Santoso mengilustrasikan bisnis yang digelutinya.
Namun kendala tersebut tak menyurutkan Santoso dan Hidayat. Berbekal pendidikan dan pengalamannya, duo pria itu berhasil mengirim bunga sampai ke tempat tujuan tanpa mengalami kerusakan, bahkan untuk pelanggannya yang di luar negeri sekalipun.
“Untuk pemasaran luar daerah dan mancanegara, kami menggunakan sistem bungkus box. Bunga melati dalam box diberi pendingin es guna menjaga kesegaran sehingga kondisi melati tetap seperti ketika baru dipetik,” ungkap Hidayat. Dengan sistem pengiriman menggunakan box, kini bunga melati sudah merajai negara Singapura, Malaysia dan beberapa negara lain.

Lantas apa keunggulan dengan penerapan penjualan dengan box? “Melati dalam box tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu tiga hari bahkan lebih. Kemudian bunga-bunga khusus box merupakan kualitas terbaik yang dipilih secara selektif,” jelas Santoso alumni UPN Veteran Jogjakarta.
Namun untuk pemenuhan pasokan pabrik-pabrik minuman berbahan dasar melati, kualitasnya memang tidak sama. Biasanya, bunga yang ditawarkan tidak semuanya dalam kondisi bagus. “Kebutuhan pabrik sifatnya setiap hari untuk kelancaran proses produksinya. Jadi yang menjadi prioritas adalah pengadaan bunga tersebut agar tidak kosong,” tambah Hidayat.
Dengan keunggulan bunga melati yang dapat panen sehari dua kali yaitu pagi dan sore, menjadikan pasokan bunga melati tak pernah kurang ataupun habis. Sehingga kelancaran bisnis ini pun tak perlu diragukan.“Biasanya, kondisi melati dipengaruhi curah hujan. Jika musim hujan maka kondisi melati jelek,” aku Hidayat yang diamini Santoso.

Santoso pun mengatakan, dengan jeleknya kualitas bunga berdampak langsung dengan tingkat harga penjualan. “Setiap harinya harga melati tidak pernah stabil. Tetapi biasanya kami menjual dengan kisaran harga Rp.17.000,- keatas per kilogramnya,” jelasnya. Sedangkan untuk penjualan dengan pengiriman menggunakan box, mereka mematok harga antara Rp.100 ribu sampai Rp. 200 ribu per box.
Namun, tingkat harga penjualan bunga melati pun terkadang dilakukan dengan sistem pelelangan. Ketika stok bunga melati sudah sedikit sedangkan pemesanan meningkat maka diberlakukan harga tertinggi. “Ketika stok menipis maka pelelangan diberlakukan,” aku Hidayat yang berusia 26 tahun ini.
Dengan beberapa faktor kendala dalam menjalankan bisnis bunga melati ini, mereka mengatakan biasanya keuntungan yang diambil per kilogramnya antara Rp 1.000-Rp 2.000. Namun untuk bunga box, tak lebih dari 20 persen. Tertarik?

Analisa Bisnis Bunga Melati per Hari
(Sudah memperhitungkan biaya operasional)

A. Penjualan Bunga Melati adalah 1.000 kg (1 ton)
B. Produksi Bunga Melati adalah 300 kg/Ha
Maka Luas Tanah yang diperlukan adalah 1.000 kg : 300 kg = 3,33 Ha

C. Harga Jual Bunga Melati Rp. 20.000,-/kg
Total Penjualan Rp. 20.000,- x 1.000 kg = Rp. 20.000.000,-
D. Keuntungan Bersih yang diambil Rp. 2.000,-/kg
Total Keuntungan Rp. 2.000,- x 1.000 kg = Rp. 2.000.000,- perhari


—————————————————————————————–

Baca Juga :

Usaha kerajinan

Cara Menjalankan Usaha

Top Waralaba Indonesia

5 Komentar »

  1. […] Ide Usaha Baru […]

    Ping balik oleh Bermodal dua ekor, kini jadi 10.000 ekor « Mr Bas — 5 Mei 2009 @ 6:06 AM | Balas

  2. terusan kambing modern Mr.abas baca di mana

    Komentar oleh mega sari — 7 Januari 2010 @ 7:28 PM | Balas

    • info saya dapat dari pengusaha langsung disekitar tempat saya.dengan komposisi pakan yang tepat menghasilkan keuntungan berlimpah, dengan waktu penggemukan kira2 3 buln didapat peningkatan berat kambing optimal. tentu saja kambing diberi juga antibiotik dan multivitamin ( injectavit verbac)

      Komentar oleh ......Mr Bas — 23 Februari 2010 @ 12:24 AM | Balas

  3. yang real to bosss…penjelasanya tentang kambing…pakannya komposisinya apa aja,….trus…bersambungnya kapan lanjutnya kok blm di upload ……….kita tunggu…..lanjutannya….

    Komentar oleh paijo — 23 Juni 2010 @ 5:58 AM | Balas

  4. Terimakasih artikelnya inspiratif sekali. Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha, Kami sedia bohlam triple U anti nyamuk dan serangga merk Lavender. Harga grossir Rp 12.000/pcs bebas ongkos kirim, minimum order seratus pcs. Produk ini biasa dijual di toko Rp 25.000/pcs. Semakin Anda ingin cepat sukses, semakin cepat Anda memesan di 0856 7368 179 take action !!!

    Komentar oleh abu — 9 Juli 2010 @ 7:48 AM | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: