Mr Bas

24 Juli 2009

Kilas Balik Unas SMP – SMA

Filed under: Suka - suka — ......Mr Bas @ 12:49 AM

Wuih lama gak nulis di blog ini rasanya kangen juga. yah.kira kira dah 1 bulan, sibuk job photo sana sini ditambah akreditasi sekolah…wah gerah cukup menyita waktu dan perhatian…
ooo iya, Sekilas tentang kinerja presiden SBY 5 tahun terakhir. Harus saya akui banyak kemajuan yang telah dicapai, namun satuhal yang saya cukup kecewa, yakni kinerja dibidang pendidikan. Kegiatan kegiatan seputar pendidikan masih banyak yang bernuansa ‘proyek” daripada urgensi pendidikan. Kurikulum yang di bolak balik dengan periode yang tidak masuk akal, alias terlalu singkat dan dipaksakan. Perlu diketahui, bahwa membuat permen dibidang pendidikan memang mudah tetapi ingat implikasinya di bawah yakni pada tataran teknis; jajaran guru dan pelaksanya. kalo terus menerus disibukkan oleh administrasi pembelajaran dan perangkatnya , kapan berpikir untuk anak didiknya?, belum selesai sertifikasi, disusul akreditasi sekolah, lalu kurikulum diganti lagi..

Pak SBY, tahukah bahwa Unas di tahun 2008/2009 ini sangat kacau? Saya melihat, Unas tahun 2009 adalah periode unas terkacau yang pernah saya tahu. Dulu sekitar tahun 2005 pernah ada wacana bahwa di perguruan tinggi negeri ketika menerima pendaftaran mahasiswa baru tidak perlu lagi mengadakan ujian seperti UMPTN/ SMPTN lagi karena bisa mengambil hasil tes dari Unas yang telah diselenggarakan. Pada periode itu baru tingkat SLTA yang menggunakan nilai NEM SMP untuk seleksi menerima siswa baru, pertanyaannya kenapa di perguruan tinggi tidak? jawaban dari PTN : Hasil nilai Unas Masih meragukan dan masih banyak error sehingga belum bisa menggambarkan kemampuan siswa secara akurat. lalu kini? khususnya di daerah saya , untuk masuk ke SLTA dilakukan tes kemampuan untuk seleksinya, jadi NEM dari SMP tidak jadi patokan,…gejala apa ini? ..jelas khan, bahwa nilai Unas hampir tidak digunakan di jenjang pendidikan diatasnya?. Maka menurut saya konsep adanya Unas selayaknya di kaji ulang, kalaupun tetap ada teknik pelaksanannya harus disempurnakan atau dikembalikan seperti pada dekade 5 tahun sebelumnya, ….bagaimana pendapat anda?

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: