Mr Bas

1 Juni 2009

Tip memulai dan memilih usaha

Filed under: Menjalankan Usaha — ......Mr Bas @ 1:11 AM
Tags:

” Memulai usaha memang berisiko,

tapi tidak memulainya jauh lebih beresiko “

Ungkapan diatas memang cukup beralasan, mengingat dinamika usaha di negara ini cukup besar, tahun ini jaya tahun berikutnya gulung tikar dan ingatkah kita, bahwa ketika situasi ini terjadi, siapa yang pertama di PHK?…tentulah… karyawannya, ..sang pemilik usaha sudah pasti bisa melarikan dananya ke usaha yang lain dan membangun bisnis yang baru. Apalagi, diakui atau tidak, perlindungan undang undang di negara kita tidak sepenuhnya berpihak pada karyawan (baca:buruh).

Memulai usaha memang gampang gampang susah. gampang bagi yang sudah terbiasa jatuh bangun menjalankan bisnis, dan sangatlah sulit bagi yang terbiasa sebagai karyawan gajian…dan ini sebenarnya adalah persoalan mental dan cara berfikir. maka untuk mematahkan mental buruh yang biasa dengan berfikir ‘zona aman’, ‘gak mau ambil resiko’, -sang begawan ‘otak kanan’ Purdie Candra, harus berkali kali mengadakan seminar …buang sementara otak kiri, pakek otak kanan… anda akan sukses…jauh melebihi kesuksesan anda jika terus terusan menjadi karyawan gajian.

but…, Mulai nya dari mana?…usaha apa enaknya?…pertanyaan inilah yang akan sering muncul bagi calon pengusaha baru.

kebanyakan calon pengusaha baru selalu berpikir mencari usaha yang secara kontras belum pernah ada diwilayahnya…sama sekali baru. Ini tentu malah menjadi hambatan. ..usaha ini sudah ada…. usaha itu sudah ada..apa yah yang belum ada?, tentu saja berpikir begini terlalu berat. lalu ?…

Yang lebih mudah adalah, memilih usaha yang sudah ada, namun potensi pasarnya masih ada atau masih bisa diperluas, tentu dengan ditambah sedikit sentuhan kreatifitas, misalnya, segmennya tertentu beda dari yang sudah ada, model pemasarannya yang dirubah, kemasannya dibuat unik, gaya pelayanan di rubah, menambah fiturnya dan lain lain. Yang terpenting anda harus peduli detil detil kecilnya.

bagaimana menurut anda?

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: