Mr Bas

27 Mei 2009

Pengusaha Harus Cermat

Filed under: Menjalankan Usaha — ......Mr Bas @ 12:34 AM
Tags:

Sebagai seorang pemilik usaha, mau kecil mau besar, sikap cermat dan peduli pada hal hal sepele tetap sangat diperlukan, demi keberlangsungan dan kemajuan bisnis. misalnya :

1. Papan nama dan cat dinding

Saya masih sering melihat pengusaha kecil membuat papan nama yang ala kadarnya, dibuat dengan tangan, dan jauh dari kesan layak, kadang juga pemasangannya tidak proporsi atau miring dan lain sebagainya. juga ada papan nama yang terbuat dari spanduk yang warnanya sudah pudar atau bahkan sobek-sobek, yang selayaknya ini harus segera diganti karena ini akan berpengaruh terutama terhadap munculnya kesan usaha yang tak terurus. apalagi kalo bisnisnya dibidang makanan bisa bisa pembeli berpikir,”wah jangan jangan jorok nih masakannya, spanduknya aja jorok”, kan berabe.

2. Pelayanan

jika ada custumer yang datang bersamaan lalu datang lagi yang berikutnya, sebaiknya jangan pernah biarkan custumer anda tanpa sapaan dari anda walaupun hanya misalnya: ” slamat pagi pak, ditunggu dulu ya!”.

3. Uang kembalian

Banyak mini market atau warung warung yang seringkali memberi uang kembalian dengan diganti permen atau sejenisnya. sepele memang, tapi menurut saya ini sebaiknya tidak dilakukan, karena sebagian custumer anda pasti tidak berkenan.

4. Penetapan harga

Penetapan harga adalah perkara yang gampang gampang susah. yang terpenting kita harus cermat mengamati faktor faktor yang mempengaruhinya ( harga di pesaing, biaya produksi, jenis produk dll), terlalu mahal tentu membuat pelanggan enggan kembali, namun jika terlalu murah juga bisa berakibat persepsi kualitas terhadap produk kita jadi menurun.

5. Penolakan

suatu ketika ketika kita dihadapkan pada pilihan mengerjakan serangkaian pesanan, lalu datang pesanan berikutnya, sementara kemampuan mengerjakannya sudah terbatas maka bagaimana sikap kita? apakah menolak? atau menerima dengan melempar pekerjaan ke rekanan? atau menerima dengan memberi tenggat waktu yang cukup lama?..sekali lagi ini butuh kecermatan. dan ini tidak bisa dijawab dengan jawaban yang sama untuk produk yang berbeda. misalnya produk seni (desain, lukisan, photo), tentu gak bisa main lempar lempar job, karena karya seni biasanya punya karakter masing masing. Menurut saya, saya lebih memilih memberi jawaban jujur ke pelanggan dengan pilihan alternatif , begini misalnya :”maaf pak berhubung ini pesanan kami banyak, maka jika bapak mau bersabar ini akan selesai dalam 3 minggu (normalnya 1 minggu), atau kalau bapak berkenan ini biar dikerjakan rekanan kami agar selesai 1 minggu, bagaimana?”.

dan tentu hal hal sepele diatas masih banyak sekali, sebagai pelaku usaha kita pasti mengalaminya, intinya cermatlah…bagaimana menurut anda?

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: