Mr Bas

26 Mei 2009

Jelang Final Champion 2009: MU Vs. Barca

Filed under: Sport — ......Mr Bas @ 12:24 AM
Tags:

MU winBicara soal final, Manchester United jelas punya rekor yang lebih dari Barcelona. Begitu juga untuk urusan head-to-head kedua kesebelasan. Pertanda The Red Devils bakal berjaya lagi? Jawaban pertanyaan itu masih harus dilihat usai laga yang akan dihelat di Stadion Olimpico, Kamis (28/5/2009) dinihari WIB.

Pasalnya, jika melihat performa mereka sepanjang musim ini, Barca juga memiliki peluang kuat untuk keluar sebagai juara. Namun MU tak pernah gagal jika sudah mencapai final Liga Champions. Dari tiga final yang mereka lakoni sebelumnya, yakni pada 1968, 1999, dan 2008, semuanya berakhir dengan para pemainnya bergantian mengangkat trofi juara.

Sementara Barca sendiri sebelum ini sudah lima kali mencapai partai puncak. Namun, Los Blaugranas hanya dua kali berhasil menjadi juara, yakni pada tahun 1992 dan 2006. Sepanjang sejarah, kedua tim sudah bertemu sebanyak sembilan kali. MU memenangi tiga di antaranya, sementara Barca dua. Sisa empat pertandingan lainnya berakhir dengan hasil imbang.

Pada pertemuan terakhir musim lalu, yakni pada babak semifinal, MU sukses menyingkirkan Barca usai menang 1-0 di Old Trafford. Kala itu Paul Scholes pahlawan kemenangan ‘Setan Merah’ lewat tendangan jarak jauhnya yang tak mampu dihalau oleh Victor Valdes. Selain catatan di atas, masih ada berbagai fakta lainnya yang akan mengiringi laga final ini.

Di antaranya adalah sebagai berikut:

* Meski terkenal dengan ketajamannya, Barca hanya sukses mencetak dua gol dalam tiga pertandingan terakhir di Liga Champions musim ini. Mereka bermain imbang 1-1 pada leg kedua perempatfinal melawan Bayern Munich, imbang 0-0 melawan Chelsea di leg I semifinal, dan akhirnya hanya bermain imbang 1-1 di leg II semifinal.

* Barcelona hanya pernah satu kemenangan dalam delapan pertandingan terakhir mereka melawan klub asal Inggris. Dalam empat laga terakhir melawan tim-tim Inggris, Barca bahkan hanya mampu mencetak satu gol.

* Lionel Messi telah mencetak delapan gol dalam 10 pertandingan terakhir di Liga Champions musim ini, namun tak ada satu pun golnya itu yang ia lesakkan ke gawang tim asal Inggris.

* Sepanjang sejarah, Barcelona telah 60 kali menghadapi tim Inggris di semua turnamen Eropa. Mereka memenangi 26 di antaranya. Sementara 16 lainnya berakhir dengan kekalahan, dan 18 lainnya berakhir imbang.

* MU kini tengah berusaha untuk memperpanjang catatan mereka menjadi 25 pertandingan tak terkalahkan di Liga Champions.

*Jika MU keluar sebagai juara, maka Sir Alex Ferguson akan menjadi pelatih pertama yang meraih tiga titel juara Liga Champions.

* Tim-tim dari Spanyol dan Inggris sudah bertemu sebanyak 11 kali di partai final. Dari pertemuan-pertemuan itu, enam pertandingan dimenangi klub Spanyol, sementara lima sisanya oleh klub Inggris……….. Bravo Barca !!

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: