Mr Bas

20 Mei 2009

UFO bikinan Canada dan Amerika (5)

Filed under: Sains — ......Mr Bas @ 1:08 AM
Tags:

Selain nazi jerman, ternyata canada dan amerika juga melakukan percobaan serupa
Pada tahun 1952, Avro Aircraft, perusahaan penerbangan kanada yang terletak di malton, dekat toronto, memulai untuk merancang suatu pesawat bomber berkecapatan supersonik unik, yang dapat take off dan landing secara vertikal, dan terbang dengan ketinggian rendah dengan kecepatan tinggi.
saucer6
Konsep desainnya terlihat menjanjikan, sehingga pemerintah kanada membiayainya.
Tetapi, kontraknya akhirnya diputus sebelum diproduksi masala dikarenakan biaya yang dibutuhkan sangat besar.

Pada tahun 1954, Pemerintah USA tertarik dengan proyek ini, dan setuju untuk membiayainya sebesar sekitar 2 juta dolar.Pengerjaannya tetap di kanada, namun atas nama Amerika serikat.
Oleh Avro, proyek ini disebut proyek Y, sedangkan amerika menyebutnya weapon system 606a.

Pada tahun 1958, pemerintah USA mengambil alih proyek ini dan menyebutnya dengan avrocar.Proyek ini juga disebut dengan VZ-9AV. Oleh pemerintah USA, avrocar diproyeksikan untuk menggantikan helikopter.Avrocar juga diproyeksikan sebagai pesawat pengintai, juga pesawat pengangkut yang mampu menanggung beban seberat 450 kg.
Avrocar dalam keadaan penuh juga diharapkan dapat melayang dan dipacu sampai kecepatan 50 kph selama 30 menit.
Bisa ditarik kesimpulan, bahwa AS ingin memiliki jeep yang bisa terbang.

Selain itu, pemerintah USA juga menginginkan pesawat ini dapat take off dan landing secara vertikal, tidak terlacak radar, dan terbang secara vertikal dengan kecepatan supersonik. Dipilihlah john frost sebagai kepala pengembangan avrocar ini. Yang unik dari desain john adalah, bentuk avro yang dirombak menjadi piringan, sebagaimana frisbee.

Dari kejauhan, lapisan aluminium di badan avrocar terlihat seperti ufo2 di film2 scifi. Frost dan tim pengembangnya memilih 3 turbin sebagai penggerak utama avrocar ini. Ketiga turbin ini dihubungkan pada mesin utama yang terletak tepat di tengah, yang disebut turborotor. Avrocar dijaanjikan dapat dipacu sampai 322-483 kph pada ketinggian 3,040 meter.

Tapi, avrocar gagal memenuhi permintaan dalam hal kecepatan supersonik. Karena setelah diujicoba lebih lanjut di Wright Field di daerah dayton, Ohio, pada ketinggian hanya pada beberapa kaki ketika melayang, mesin turborotor sudah mulai tidak stabil. Hal ini dapat dibenahi, namun akan mengurangi kevcepatan avrocar secara drastis.

Akhirnya pemerintah USA bersikap realistis dengan mengubah tuntutan kecepatan pada avrocar hanya subsonik, bukannya supersonik.Pada akhri tahun 1959, prototype pertama avrocar selesai dibuat.

Prototype kedua segera dibuat yang memiliki perkembangan jauh lebih pesat ketimbang prototype pertama. test pertama dimulai, untuk mengetest sejauh mana avrocar tahan pada tekanan udara di ketinggian.
Ketika hasilnya kurang memuasakan, akhirnya tim desainer mengubah desain annular nozzles (saya juga g taw apa ini) yang berperan besar pada teknologi take off dan landing vertikal, serta hovering di udara avrocraft
Setelah nozzlenya diperbaiki, avrocar terlihat seperti piring makan malam ukuran jumbo, yang kemudian dipindahkan ke markas NASA di moffet field, california untuk dites lebih lanjut. Nasa disana mempunyai lubang udara (ga taw hubungannya apa) yang cukup besar untuk mengetest avrocar. Test dilakukan pada september 1959. Uji terbang dilakukan tahun itu juga.

test kali ini juga menemui masalah yang sama dengan pendahulunya.
Hanya pada ketinggan 9 meter, avrocar mulai bergoncang. Goncangan ini kemudian disebut dengan hubcapping.
USA kemudian melakukan dua percobaan lagi pada tahun 1960 dan 1961.

Pada ujicoba terakhir avrocar dapat mencapai 56,3 kph, namun usaha untuk menghilangkan hubcapping kembali gagal.
NASA kemudian menemukan bahwa penyebab hubcapping ini adalah ketidakmampuan avrocar dikontrol dengan baik pada kecepatan tinggi, juga karena strukturnya sendiri yang secara aerodinamik kurang stabil.
ditambahkannya buntut vertikal dan horizontal seperti pada pesawat2 kebanyakan rupanya tidak memberikan perubahan berarti.
Pemerintah USA melihat avrocar sebagai proyek gagal, dan akhirnya membatalkan proyek ini pada 1961 setalah menghabiskan 10 juta dollar.

Avrocar gagal mencapai performa yang diharapkan, meskipun itu merupakan pengalaman yang baik bagi pengembangan pesawat VTOL.

Prototipe pertama tetap berada di nasa, sedangkan yang kedua dikirim ke virginia, tepatnya di musemu transportasi, rochmod, virginia. Pada tahun 1975, National Air and Space Museum mengambil alih prototipe pertama avrocar untuk dipajang di gerber restoration facility silver hill, maryland.

Catatan : Di Inggris dikembangkan juga membuat penelitian serupa pada akhir 50an atau awal 60an, meskipun tidak ada informasi lebih lanjut.

1 Komentar »

  1. nice info😀

    saya juga tertarik tentang UFO2

    Komentar oleh wahyu am — 20 Mei 2009 @ 1:14 AM | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: