Mr Bas

13 Mei 2009

Cara meningkatkan Traffic

Filed under: Ilmu Ngeblog — ......Mr Bas @ 12:05 AM
Tags:

countSudah punya blog? Bingung, kok pengunjungnya sangat sedikit ya? Blog anda sudah bagus, template keren, navigasi blog oke, tapi kalau pengunjungnya sangat sedikit. Rasanya ada yang kurang ya?.🙂 Nah, jangan sedih dulu saya akan membagikan tips meningkatkan traffic blog untuk anda.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan traffic blog.

1. Paid Advertising
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saya sangat menyarankan untuk pasang iklan disitus berbayar (paid advertising online), seperti: kumpulblogger.com, kliksaya.com, reviewmu.com, Adword atau di situs/blog yang trafficnya sudah tinggi seperti Bayumukti, Cosa Aranda, Eko Nurhuda.

Selain promosi online, promosi blog secara offline/konvensional (paid advertising offline) juga patut dipertimbangkan, seperti brosur, koran, majalah, TV, kartu nama, dll.

2. Niche Content
Pilih topik yang benar-benar anda kuasai, sajikan dengan bahasa sendiri agar content terlihat original, usahakan agar mudah dimengerti, jangan lupa sajikan “cappucino hangat” saat menulis, biar lebih santai. Ehh…pilih topik yang “niche” jangan yang bersipat umum, tapi klu untuk blog pribadi sich ndak apa2 juga.

Saran saya untuk blog bisnis sebaiknya jangan dicampur aduk (gado-gado kali…) dengan iklan yang lain. Klu membahas panduan bisnis online, usahakan agar topik bahasannya tidak melenceng dari topik utama, fokus…fokus…fokus

3. Free…, Free…, Free…
“ebook gratis”, “free report”, “free download mp3”, “download lyric gratis”, “lowongan pekerjaan”,”download MP3 gratis”, satu lagi yang sering digoogling orang adalah “free template”, “template blogger gratis”, “download free blogger template”,”free wordpress template”.

Intinya bagikan semuanya kepada pengunjung blog anda secara gratis…tisss…tisss….dijamin pengunjung akan senang datang, datang lagi dan datang kembali. Apalagi kalau tips ini dilakukan secara continue, mungkin setiap hari (gila kali ya), sekali seminggu, sekali bulan, setahun sekali (kurang efektif). Sesuai kemampuan anda deh…

4. Daftar Blog ke Search Engine
Tips ini wajib hukumnya, gunanya agar mesin pencari (Google, yahoo, AOL, AskJeev) mudah melakukan index sehingga blog akan mudah ditemukan di mesin pencari.

5. Video Tutorial
Buat video tutorial lalu upload ke situs komunitas yang ramai dikunjungi orang seperti youtube.com, esnips.com, dll.

6. Domain Mengandung Keyword
Nama domain blog yang ringkas, mudah diingat dan yang cukup penting mengandung keyword. Contoh: tutorialblog.com, kolom-tutorial.blogspot.com.

7. Grapik dan Animasi
Animasi ibarat “pedang bermata dua”, satu sisi ia bisa membuat blog jadi lebih menarik dan lebih atraktif tapi disisi lain bagaikan “senjata makan tuan”. Jadi, kebijaksanaan dan ketelitian sangat diperlukan disini, pertimbangkan juga blog dibuat untuk keperluan apa? Jadi harus hati-hati dalam menggunakan animasi jangan sampai niat awal untuk membuat pengunjung betah, nyaman jadi terbalik pengunjung malah “kabur” karena “loading page” sangat lambat.

8. Tombol Navigasi
Link navigasi blog harus tersusun secara rapi supaya mudah dilihat dan tidak membingungkan pengunjung. Kita lupakan dulu poin 6, animasi sangat dianjurkan untuk memperindah tombol navigasi. Untuk meningkatkan kesan positif dari pengunjung tombol navigasi yang unik bisa jadi pilihan.

9. Broken Link
Pastikan tidak ada link yang rusak diblog anda. Nggak kebayangkan pengunjung kecewa dan kabur karena ada link yang rusak. Anda tahu nggak bagian yang mana dari blog yang membuat pengunjung betah? Jadi buat pengunjung tetap nyaman dan jangan biarkan dia KABUR hanya karena hal-hal sepele seperti ini.

10. Signature Email
Promosi blog melalui signature email nggak ada salahnya tapi hati-hati jangan sampai dianggap spam.

11. Aktif di Forum
Rajin membuat posting/artikel di forum, lalu buatkan link/ signature menuju blog. Jangan lupa memberi komentar yang memberi kontribusi terhadap topik yang sedang dibahas. Saat member forum melihat komentar anda selalu berbobot maka biasanya mereka akan tertarik untuk mengetahui profil anda lebih lanjut, nah ketika mereka menggap anda kompeten dan menarik anda tinggal menikmati hasilnya. Semua akan terasa gampang, yakinlah. Dunia online tidak berbeda jauh dengan dunia offline (konvensional), kepercayaan mutlak dibutuhkan apalagi anda bergerak dalam bisnis online.

12. Blogwalking
Terbukti bisa meningkatkan traffic blog dan hampir setiap blogger melakukannya baik dalam keadaan sadar maupun tidak sadar. Kalau dari segi hasil kurang memuaskan tapi kalau dari segi kekeluargaan, dijamin akan mempererat silaturahim diantara sesama blogger indonesia. Mudah-mudahan aja ya…

13. RSS Feed & Newsletter
Pasang form Newsletter dan RSS Feed diblog sehingga pengunjung bisa berlangganan artikel.

14. Social Bookmarking
Daftarkan blog di situs komunitas online seperti digg.com, stumbleupon.com, Dmoz.com, technorati.com, mybloglog.com, myspace.com, flur.com, iklanbaris.co.id, dll.

15. Iklan Baris
Sebenarnya tips ini cukup menyita banyak waktu hanya saja peluang iklan cukup besar muncul di mesin pencari. Alasannya karena situs sejenis “iklan baris” memiliki posisi yang cukup strategis dimata mesin pencari (nggak semua lho…). Jadi, nggak ada salahnya promosi blog di situs iklan baris seperti iklanbaris.co.id (Kira2 30.000 hits/day), webiklan.com.

16. Banner Exchange
Buat banner blog atau simple button untuk bertukar link dengan blog lain. Tips ini sudah terbukti dan banyak digunakan blogger, salah satunya blog ini. Ampuh meningkatkan Page Rank (PR). Tips: bertukar link dengan blog yang topik sama dengan blog kita, klu memungkinkan dgn blog yg page rank lebih tinggi.

17. Forum Sendiri
Buat yang berkecukupan (dana, skill, waktu) tips ini sangat dianjurkan karena dengan memiliki forum sendiri otomatis kredibilitas kita akan meningkat dan tentu saja traffik blog juga pasti akan terdongkrak. Syukur-syukur kalau ada diantara member forum akan merekomendasikan blog atau membuat link balik. Banyak deh keuntungan lainnya salah satunya “BISA JADI SELEBRITI BLOG INDONESIA”.

18. Stay up to date
Pengguna internet umumnya bertujuan mencari informasi terbaru diblog yang mereka kunjungi. Saya juga paling suka blog yang up to date. Selain itu, dari gossip yang beredar mesin pencari seperti google juga lebih sayang dengan blog yang up to date.

Keuntungan lainnya blog kita bisa dijadikan bahan rujukan/direview oleh blog lain. Bayangkan kalau blog yang memberi rujukan itu mempunyai traffic yang tinggi, maka pada saat itu terjadi blog kita akan kebanjiran traffic. Jadilah yang terdepan (mirip iklan apa ya….)

19. Controversy
Biasanya orang sangat tertarik pada postingan yang bersifat kontroversi, sekedar mengingatkan pendapat Roy Suryo tentang blogger,”blogger tukang tipu”.

Muncul reaksi yang cukup keras dikalangan blogger, bisa dibuktikan dari banyaknya tanggapan baik itu yang bersifat menentang, jadi penengah dan yang setuju juga ada lho….

20. Hot Issue
Tulis posting seputar berita yang lagi hot tetapi usahakan agar topik postingan anda masih relevan dengan topik utama blog. Biasanya pengguna internet mencari informasi yang lagi hangat dibicarakan seperti “krisis global” yang akhir-akhir ini melanda amerika dan pengaruhnya terhadap ekonomi dunia termasuk indonesia.

Update:

21. Template Gratis
Coba ketik keyword berikut di google, “free blogspot template”, “template blogger gratis”, “download free blogger template”,”free wordpress template”. Lihat berapa banyak orang yang mencari dengan kata kunci tersebut, bukankah ini peluang yang bagus untuk meningkatkan traffic blog kita. Buat design template lalu bagikan secara gratis, nikmati “one way link” dan trafficnya.

22. Entrecard
Beberapa waktu lalu saya mendaftar di Entrecard dan terbukti dapat meningkatkan traffic blog saya. Asyiknya lagi bisa meningkatkan rangking alexa blog ini.

Okey, sebenarnya masih banyak lagi cara meningkatkan traffic blog, setiap orang punya cara tersendiri. Saya juga tidak akan menjamin keberhasilan tips diatas, tergantung bagaimana anda menyikapinya.

Saya serahkan kepada anda sepenuhnya namun saran saya alangkah baiknya kalau diterapkan satu demi satu. Anda tahukan maksudnya? Ya benar, pilih dulu salah satu diantara tips diatas (menurut saya poin 1, 2, 3 & 22 yang terbaik sekaligus yang tersulit untuk diterapkan).

Setelah yakin dengan pilihan anda, aplikasikan dengan sungguh-sungguh lalu jangan lupa “angkat kedua tangan” berdoa agar anda tidak salah pilih tips atau saya yang kelupaan menuliskannya disini.

Jadi, ayo…ada lagi yang mau menambahkan. Silahkan…yang ikhlas ya 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: