Mr Bas

29 April 2009

Usaha Kita Butuh Posisioning dan Differensiasi

Filed under: Menjalankan Usaha — ......Mr Bas @ 2:53 AM
Tags:

Apa itu posisioning?

Begini,.. dulu yang namanya warung makan, itu hanya memenuhi selera orang yang benar benar lapar, artinya makan ya makan, perannya hanya menyelesaikan persoalan perut yang sedang lapar. Tapi sekarang banyak bermunculan warung makan yang tidak sekedar menghilangkan lapar, tapi sudah ditambah dengan unsur rekreatif, sehingga karena posisioningnya ditambah unsur rekreatif, maka ditambahlah dekoratif ruangan yang membuat orang nyaman didalamnya, ada musiknya, ada air yang mengalir di bawahnya, ada internet dan lain sebagainya.

Ada lagi, posisioning unik, didepan Hotel Sahid Solo. Di sana berkumpul puluhan tukang becak yang mengenakan kaos berlogo sahid. Ini bukan tukang becak biasa walaupun becaknya tetap becak biasa. Apa bedanya?….Tukang becak disana selalu menyapa tamu hotel dengan sopan, bahkan jika tamunya bule dia menyapa dengan bahasa inggris walau terbata bata. Si tukang becak biasanya menawarkan jasanya untuk keliling melihat lihat sekitar hotel tanpa tarif, mereka bilang : “seikhlasnya saja pak, kalo bapak senang saya ikut senang kok”. Sambil mengayuh becak, biasanya mereka juga bercerita panjang lebar tentang hal hal unik atau makanan unik yang ada di Solo, layaknya pemandu wisata. Kalo sudah begini biasanya sang customer akan merasa senang dan nyaman, akhirnya membayar dengan nilai yang cukup besar, dibanding ‘tukang becak biasa’, tanpa diminta. Inilah posisioning baru becak yang semula alat transportasi biasa yang mulai tersisih, kini memberi nilai lebih sebagai sarana pariwisata. Nah, dengan posisioning yang berbeda ini, tentu saja target market serta segmentasi menjadi lain pula. Sekarang ini, Becak sebagai transportasi biasa kelewat mahal jika dibanding dengan angkota. Naik angkota dengan jarak tempuh 10 km kita hanya membayar Rp.3000 sampai Rp. 4000, bayangkan jika naik becak. Maka segmentasi yang dulu adalah orang ke pasar ( menengah ke bawah) kini berubah menjadi menengah keatas (wisatawan). Yang dulu mangkal di perempatan dekat pasar pasar kini mangkalnya berubah di depan hotel.

Lalu apa maksudnya differensiasi bagi UKM ?

Makna differensiasi menurut pakar marketing Hermawan kertajaya adalah perbedaan sebuah perusahaan dengan perusahaan yang sejenis atau bisa juga diartikan sebagai ‘alasan suatu perusahaan lahir’. Contohnya begini, kita tahu sekarang ini banyak sekali usaha konter Hp di pinggir pinggir jalan. Kadang kita heran ini,usaha begitu banyaknya bak jamur di musim penghujan, adakah mereka bisa bertahan nantinya ?. Saya kira, konter yang memiliki differensiasi yang kuat akan mandapat tanggapan konsumen. Artinya walaupun dari luarnya tetap sama sama konter, tapi ada perbedaan jelas dimata konsumen misalnya, konter A lebih banyak bermain di HP second ( ahlinya HP second), konter B lebih banyak bermain di pulsa murah, konter C special HP baru dan lain lain strategi differensiasi yang dipilih. inilah salah satu yang saya sebut sebagai differensiasi.

Contoh lain, Pada usaha kecil saya di bidang photo dan shooting. Sebelum saya membuka usaha di tempat itu, saat itu di lokasi itu sudah berdiri : 1. Studio photo cukup terkenal dengan fuji image servisenya (depan toko saya), yang lebih sering mencetak photo ukuran 4R – 10R, tanpa sentuhan editing dan, 2. Digital Printing (samping saya jarak 50an meter saja), yang ini lebih sering mencetak photo ukuran 12 R – 24 R. Disini saya berpendapat bahwa ketika orang mencetak photo, kebanyakan juga butuh jasa shooting atau tranfer video(rangkaian dokumentasi), maka yang fitur pertama saya tonjolkan adalah jasa saya itu dulu: editing dan shooting, dimana kompetitor saya tidak melayani. Nah…yang ini diilhami pak puspo “ayam bakar wong solo”. Beliau pernah mengatakan, bahwa lokasi yang ia pilih untuk RM -nya adalah disekitar warung nasi/depot yang sudah ramai, alasannya…kalo dah bosen kan cari alternatif juga…ujarnya..dan kalo cocok…pasti jadi langganan. Di CB saya, saya berpikir, nanti orang edit-edit photo, tranfer video, lalu..saya pasang photo-photo hasil karya…lama-lama khan, nanya juga..hehe…

Bagimana dengan usaha anda? share disini dong! Dan buat yang lebih pakar marketing, bisa juga koreksi atau nambahkan…please!

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: