Mr Bas

18 April 2009

Strategi Pemodalan pada Usaha Kecil

Filed under: Tak Berkategori — ......Mr Bas @ 12:48 PM
Tags: ,

uang

Pada beberapa waktu yang lalu beberapa teman saya mendatangi saya, katanya ingin sekali membuka usaha sendiri seperti yang telah saya lakukan. Seringkali, bahkan hampir selalu bahwa sesorang yang ingin memulai berwirausaha mempertanyakan …darimana dapat modalnya?…wah saya tidak punya modal cukup, bagaimana mau buka usaha?..dan macam macam pertanyaan sejenisnya. Saya jawab bahwa, sebenarnya banyak sekali strategi pemodalan yang dapat dicari, asalkan gagasan mengenai: jenis usaha, bidang usaha, differensiasi usaha, strategi pemasaran, dan prospek usahanya, semuanya jelas. Kira kira 8 tahun yang lalu, ketika saya memulai membuka usaha, saya tidak mempunyai uang sama sekali untuk modalnya. Gaji saya sebagai guru les privat hanya cukup untuk membiayai kuliah, kost dan makan saya di surabaya. Tetapi ketika ada gagasan bisnis yang menurut saya cukup prospektif, dengan sedikit kreatif, ternyata bisa terlaksana juga.

Ada banyak macam cara yang bisa dilakukan ketika kita mempunyai gagasan usaha tapi kita tak punya modal cukup, diantaranya ;
1. Patungan dengan teman.

2. Cari investor dari sekeliling ( teman, saudara, dll)

3. Cari modal dari bank/koperasi

Masing masing dari cara mendapatkan modal diatas tentu saja mempunyai kuarang lebih/untung rugi sendiri sendiri, maka harus disesuaikan terhadap karakter dari usaha. Sayangnya usahawan baru biasanya kalo sudah melibatkan orang lain pada pemodalannya terasa berat sekali, dengan alasan ribetlah, bingung bagi hasilnya, takut ini takut itu dll. Bagi saya untuk usaha awal ketika kita tidak punya modal, tidak punya bukti keberhasilan usaha sebelumnya, ada orang yang mempercayakan modal ke kita, sudah lumayan, kita dapat hasil dikit dari usaha awal ini, saya kira yang penting kita buktikan dulu, kita bisa menjalankan usaha, kita bisa dipercaya. bersambung…..

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

