Mr Bas

17 April 2009

7 Kualitas Pengusaha Sukses

Filed under: Pribadi Sukses — ......Mr Bas @ 12:17 AM

Siapa sih yang gak pengen jadi pengusaha sukses? Saya pikir semua orang memiliki keinginan memiliki bisnis sendiri, kaya raya, pensiun dini, bahagia, dan akhirnya masuk surga. Anda Setuju?

Untuk menjadi seorang pengusaha sukses, tidak sekedar memulai sebuah atau beberapa bisnis saja, tapi lebih dari itu, yang harus kita miliki adalah “Sikap & Perilaku” yang dapat mengarahkan kita kepada kesuksesan.

Faktor pendidikan yang tinggi dan pengetahuan teknis saja tidak dapat menjamin seseorang mampu menjadi sukses. Anda mungkin juga sudah mengerti beberapa pengusaha sukses yang bahkan tidak berpendidikan tinggi, seperti Andrie Wongso, Bob Sadino, dan Purdie Candra. Ini bukan berarti saya menganjurkan untuk tidak sekolah tinggi. Pengusaha sukses yang memiliki pendidikan tinggi juga banyak, misalnya Ir. Ciputra, Arifin Panigoro, dll.

Lalu faktor apa yang menentukan pengusaha-pengusaha sukses meraih kesuksesan mereka ? Hampir semua pengusaha sukses memiliki kesamaan dalam cara berpikir dan beberapa kualitas pribadi yang mampu mengantarkan mereka meraih sukses.

Apa saja kualitas diri pribadi tersebut :

1. Memiliki Kemauan yang kuat untuk Sukses

Pengusaha selalu memiliki keinginan untuk sukses dan mengembangkan bisnis mereka, seringkali mereka terlihat terlalu ambisius. Para pengusaha selalu menetapkan tujuan yang jelas dan selalu berkomitmen untuk mencapai tujuan tersebut meskipun ada rintangan menghadang.

2. Percaya Diri

Pengusaha sukses memiliki pandangan yang positif terhadap diri mereka dan memiliki kepribadian yang kuat dan tegas. Mereka fokus dalam mencapai tujuan dan mereka sangat percaya pada kemampuan mereka untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Selalu memiliki ide dan inovasi baru

Pengusaha sukses selalu memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik. Mereka selalu berpikir untuk menciptakan produk-produk baru atau meningkatkan layanan mereka. Mereka kadang berpikir “out of the box” yang seringkali melawan arus atau belum pernah terpikir sebelumnya. Mereka selalu berpikir kreatif dan inovatif.

4. Terbuka terhadap Perubahan (Open mind)

Jika sesuatu tidak berjalan dengan baik, pengusaha sukses cukup mudah untuk berubah. Bukan berarti tidak konsisten, tapi mereka terbuka dengan ide-ide atau hal-hal baru. Para pengusaha sukses paham bahwa untuk menjaga agar mereka selalu unggul dalam bisnis, hal yang harus dilakukan adalah terus berkembang dan berubah lebih baik seiring waktu. Mereka selalu up to date terhadap teknologi terbaru atau metode terbaru dan selalu siap untuk berubah jika mereka melihat kesempatan baru muncul.

5. Siap Bersaing

Pengusaha sukses tidak takut menghadapi persaingan. Satu-satunya cara untuk mencapai tujuan dan agar unggul dalam sebuah bisnis adalah siap bersaing dengan pengusaha sukses lainnya.

6. Memiliki Motivasi yang tinggi

Pengusaha sukses selalu bergerak (Take Action), selalu berenergi, dan memiliki motivasi yang tinggi. Mereka memiliki dorongan yang kuat untuk sukses dan memiliki motivasi diri yang sangat tinggi.

7. Terbuka terhadap kritik

Pengusaha-pengusaha sukses seringkali adalah pioneer dalam industri mereka, sehingga mungkin banyak orang mencibir “ini tidak bisa dilakukan” saat mereka mengawali bisnis mereka. Mereka akan menerima kritik yang konstruktif dan berguna untuk rencana mereka, sebaliknya mereka akan mengabaikan komentar-komentar pesimisme.

Pengusaha sejati adalah pengusaha yang memiliki “passion” dan memiliki dorongan yang kuat untuk sukses dan berhasil. Mereka adalah pioneer-pioneer yang siap bersaing di garis terdepan, mereka siap ditertawakan, diejek, dikritik, di awal karena mereka dapat melihat jalan kesuksesan di depan mereka dan selalu berusaha untuk mencapai apa yang mereka impikan.

Semoga bermanfaat & Salam sukses

4 Komentar »

  1. Selamat Datang ..
    Di halaman yang akan membuat semangat usaha anda semakin menggelora…..salam sukses UKM

    Komentar oleh Mr Bas — 17 April 2009 @ 12:17 AM | Balas

  2. hay pak

    Komentar oleh fitter — 4 Mei 2009 @ 4:20 PM | Balas

  3. pak ajari buat website sndri donk!!!!!!!!!!

    Komentar oleh goeh — 4 Mei 2009 @ 4:22 PM | Balas

  4. @goeh: ini kelas berapa yah? nti di blog ini pasti aq masukkan cara cara bikin blog/web, sering sering aja dilihat, dah bisa bikin email to?.gampang kok bikin web itu dan mengasikkan.

    Komentar oleh centangbiru2 — 4 Mei 2009 @ 11:00 PM | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: